Profil SMP Islam Sabilurrosyad Gasek
PROFIL SMP
ISLAM SABILURROSYAD
A. VISI
UNGGUL
DALAM SPIRITUAL, INTELEKTUAL DAN KETRAMPILAN YANG BERPIJAK PADA NILAI-NILAI
PESANTREN DAN BUDAYA LUHUR BANGSA
B. INDIKATOR VISI
No
|
VISI
|
INDIKATOR
|
1
|
Unggul Dalam Spiritual
|
- Unggul dalam
Kepesantrenan
- Unggul dalam Al Qur'an
|
2
|
Unggul dalam Intelektual
|
- Unggul dalam akademik
|
3
|
Unggul dalam Ketrampilan
|
- Unggul dalam kebahasaan
- Unggul dalam
ekstrakurikuler
|
C. INDIKATOR 5 KEUNGGULAN
No
|
KEUNGGULAN
|
INDIKATOR
|
1
|
Unggul dalam Kepesantrenan
|
- Istiqomah
menjalankan ibadah dengan didasari atas ilmu
- Memiliki
kepribadian yang didasari nilai-nilai di pesantren seperti : Ikhlas, mandiri, berjiwa juang tinggi,
pantang menyerah, disiplin, bertanggung jawab, peduli sesama, hormat pada
yang tua, sayang pada yang muda, sopan santun, sederhana, bersih dan rapi dll
-
Menguasai
dan memahami ilmu-ilmu agama seperti : aqidah, ahlak, fiqih, nahwu dan sharaf
- Bisa
menjadi Muadzin,imam tahlil, hafal surat yasin, istighotsah, dan membaca
maulid
|
2
|
Unggul dalam Al Qur'an
|
- Membaca
Al Qur'an dengan baik dan benar yang ditunjukkan dengan sertifikat tashih
-
Hafal
3 juz Al Qur'an (juz 30.1 dan 2)
|
3
|
Unggul dalam Akademik
|
-
Rata-rata
nilai UN diatas 7.0
-
Nilai
semua mata pelajaran diatas KKM
|
4
|
Unggul dalam kebahasaan
|
-
Terampil
berbahasa arab baik lisan maupun tulisan
- Terampil
berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan
|
5
|
Unggul dalam Ketrampilan
|
- Memiliki prestasi di
bidang Ekstrakurikuler
|
D. MISI
No
|
MISI
|
INDIKATOR
|
1
|
Menanamkan nilai-nilai
dasar pesantren secara optimal dalam rangka mempersiapkan siswa menjadi
teladan dan pemimpin dimasa depan
Menjalin kerjasama yang
harmonis antara yayasan, sekolah, pondok pesantren madrasah diniyah, dan
orang tua
|
- Memiliki
kepribadian yang didasari nilai-nilai di pesantren seperti : Ikhlas, mandiri, berjiwa juang tinggi,
pantang menyerah, disiplin, bertanggung jawab, peduli sesama, hormat pada
yang tua, sayang pada yang muda, sopan santun, sederhana, bersih dan rapi dll
- Menguasai
dan memahami ilmu-ilmu agama seperti : aqidah, ahlak, fiqih, nahwu dan sharaf
-
Benar
dan istiqamah dalam beribadah
-
Terjalinnya
koordinasi antara yayasan, sekolah pesantren, madarasah diniyah dalam
pencapaian visi
-
Terjalinnya
koordinasi yang terencana dan berkelanjutan dalam pelaksanaan program
- Terjalinnya
koordinasi dalam evaluasi hasil belajar siswa
- Komunikasi
yang intensif antara sekolah dan orang tua
|
2
|
Melaksanakan
pembelajaran Al Qur'an dan bimbingan secara intensif dan efektif sehingga
peserta didik memiliki keunggulan dalam membaca dan menghafal Al Qur'an
|
-
Memiliki
kemampuan untuk membaca Al Qur'an dengan baik dan benar
- Memiliki
kemampuan menghafal Al Qur'an sesuai target yang ditetapkan.
|
3
|
Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik
berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
|
-
Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik
berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
-
Menumbuhkan
semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
|
4.
|
Mengembangkan
potensi ketrampilan secara optimal dalam rangka mempersiapkan siswa di era
global
|
-
Mendorong
dan membantu setiap peserta didik untuk mengenali potensi dirinya sehingga
dapat dapat dikembangkan secara optimal.
|
E. TUJUAN SEKOLAH
No
|
TUJUAN
|
INDIKATOR
|
1
|
Mengembangkan budaya
pesantren yang religious melalui kegiatan kepesantrenan, penguatan pendidikan
karakter, dan penengakan tata tertib
Mengembangkan berbagai
kegiatan dalam proses belajar di kelas berbasis pendidikan karakter bangsa
|
-
Menjalankan
tugas, kegiatan dan piket dengan ikhlas karena Allah SWT.
-
Mengerjakan
tugas dan kewajibannya secara mandiri
-
Menghormati
orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda
-
Memiliki
pengetahuan yang benar tentang beribadah
-
Istiqomah
dalam menjalankan ibadah.
-
Memiliki
dasar-dasar ilmu alat (nahwu dan sharaf)
|
2
|
Melaksanakan proses
pembelajaran al Qur'an dengan target yang terukur dan jelas
|
- Membaca
Al Qur'an dengan benar yang dibuktikan dengan sertifikat tashih metode bil
Qalam
- Memiliki
kemampuan menghafal Al Qur'an sesuai target yang ditetapkan (minimal 3 Juz)
|
3
|
Menghasilkan lulusan
yang memiliki kemampuan akademik sesuai dengan Standar kompetensi lulusan
yang telah ditetapkan
|
-
Rata-rata
nilai UN diatas 7.0
-
Nilai
semua mata pelajaran diatas KKM
- Memiliki
prestasi dalam bidang Olimpiade
|
4
|
Melaksanakan proses pembelajaran PAIKEM pada semua mata
pelajaran
Menyediakan dan
memelihara fasilitas pendukung proses pembelajaran
|
- Guru
memiliki kompetensi dalam mengimplementasikan K-13
- Sekolah
memiliki Sarana dan prasarana sebagaimana standar yang ditetapkan oleh
pemerintah
|
5
|
Menyelenggarakan
berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang profesional
|
-
Memiki
prestasi dalan bidang seni dan olah raga
|
PROFIL LULUSAN
Profil lulusan SMP
Islam Sabilurrosyad Malang adalah siswa memiliki karakteristik:
1.
Memiliki karakter seorang santri
2.
Memiliki kompetensi keagamaan yang baik (memahami,
mempraktekkan dan mengamalkan)
3.
Memiliki kompentensi akademik
4.
Memiliki kompetensi Al Qur’an (Bacaan dan Hafalan) dengan
baik dan benar
5.
Memiliki kompetensi berbahasa Arab dengan baik dan
benar
6.
Memiliki kompetensi berbahasa Inggris dengan baik dan
benar
7.
Meraih prestasi yang tinggi dalam Ujian Nasional (UN)
8.
Meraih prestasi dalam olimpiade dan berbagai lomba
9. Siap memasuki jenjang pendidikan berikutnya yang unggul
0 Komentar